Sejarah Singkat SMK Muhammadiyah 2 Cepu


Hingga pada tahun 1995 di Kecamatan Cepu sudah berdiri beberapa sekolah pada tingkat menengah atas, untuk yang kejuruan teknik sudah berdiri STM Migas dan STM Yosef, yang setiap tahunnya senantiasa menolak siswa baru. Melihat kenyataan tersebut berdasarkan keputusan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cepu sepakat mendirikan STM Muhammadiyah Cepu dengan tanggal surat keputusan 15 Juni 1995.

Setelah Team Verifikasi dari propinsi melakukan pengecekan ke sekolah  hingga akhirnya turun surat ijin persetujuan pendirian sekolah  dari Depatemen Pendidikan dan Kebudayaan Prop.  Jawa Tengah noor 636/I03/I96 tertanggal 20 Mei 1996 dengan program studi Mekanik Otomotif diijinkan menerima 2 kelas dan Listrik Instalasi  2 kelas untuk tahun pelajaran 1996/1997.

Patut bersyukur dengan promosi pertama kali sudah dapat memenuhi kuota yaitu Jurusan Mekanik Otomotif 80 siswa untuk dua kelas dan jurusan Listrik Instlasi 80 siswa untuk dua kelas. Dengan proses Kegiatan Belajar Mengajar masuk siang setelah siswa SMP Muhammadiyah Cepu pulang sekolah, adapun saat praktek menggunakan ruang yang ada di Pondok Pesantren al-Hikmah. Dengan kondisi guru untuk  guru Kejuruan hampir dari Guru STM Migas sedang yang Non Kejuruan dari SMA/SMEA /SMP Muhammadiyah.

Pada tahun kedua Majlis Dikdasmen bertekad untuk membangun 4 ruang kelas dan satu ruang untuk kantor serta 3 kamar mandi. Sehingga bangunan ini bisa digunakan pertama kalinya saat kelas 3. Sehingga kelas 3 sudah bisa masuk pagi, siangnya untuk kelas 2, sedang kelas  1 masih menggunakan ruang smp, tempat praktek masih di pondok al-Hikmah.

Pada 1998 untuk ujian yang pertama kali Dinas Pendidikan Kab. Blora menunjuk ujiannya menggabung di STM Negeri Blora,  beruntung kegiatan bisa diatur oleh Bapak Ir.Warjono selaku Kepala STM Negeri Blora dengan pola kegiatan ujian yang Non Kejuruan berlangsung  di sekolah  (sehinga Penguji dari STM Negeri Blora datang ke Cepu) sedang Ujian Kejuruan harus ke STM Negeri Blora (sehingga siswanya datang ke STM Negeri Blora). Alhamdulillah saat ujian pertama kali ini hasil ujian dengan peserta 138 yang lulus 136 orang.

Daftar Kepala Sekolah :